Wakil Gubernur: DKI Dukung Pemberantasan Mafia Lahan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, menyatakan Pemprov DKI mendukung pemberantasan mafia tanah

Wakil Gubernur DKI menyatakan, Pemprov DKI Jakarta tengah memantau praktik pertanahan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memantau dan memberantas mafia tanah.

Ariza pun berharap kepolisian bisa dilaksanakan dengan cepat dan maksimal. “Jadi kita dukung, semoga kerja sama yang baik antara Pemprov, BPN, Polri dan aparat lainnya bisa memberantas mafia tanah,” kata Ariza di Balaikota Jakarta, Selasa (9/3).

Menurut dia, adanya mafia tanah dan sengketa tanah menjadi kendala sejumlah program prioritas Pemprov DKI, seperti normalisasi sungai untuk pengendalian banjir.

Dia mengatakan, pembebasan lahan di beberapa lokasi terkait program normalisasi masih terkendala sengketa lahan.

Karena banyak persoalan sengketa tanah perebutan tanah dan mafia tanah di Jakarta, katanya.

Menurut Ariza, lahan yang saat ini disengketakan sebenarnya bisa digunakan untuk kepentingan bersama.

“Pemberian hak kepada masyarakat yang memiliki tanah dengan baik. Hal ini juga dapat bermanfaat bagi ruang terbuka hijau, kuburan, hutan kota, taman, jalan raya, termasuk program banjir,” ujarnya.

Menurut politisi Partai Gerindra, persoalan kepemilikan tanah atau tanah merupakan pekerjaan rumah bagi semua pihak terkait.

Ia menjelaskan, persoalan tersebut terkait dengan aspek legalitas tanah sebagai aset milik pemerintah dan swasta, serta milik masyarakat.

Ia mengatakan harus ada aturan ketat dan jalan keluar dari masalah ini.

“Ini memang pekerjaan rumah yang tidak mudah. ​​Soal aset, kita tahu tanah ini aset. Saya sering bilang tidak bisa kloning, tidak bisa dikembangkan, sementara populasinya bertambah,” ujarnya.

Artinya suplai tidak seimbang, membutuhkan banyak, tapi lahan tidak bertambah. Untuk itu perlu kebijakan yang komprehensif, baik terkait dengan tata guna lahan, tata guna lahan dan lain sebagainya, ”imbuh Ariza.

Baca:  Pemerintah Jakarta Selatan sedang melakukan penggalian di Sungai Krukut