Tree Menjadi Saksi Islam Desa Arab

Pohon yang bersaksi seorang masuk Islam

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Suatu hari seorang Arab yang berasal dari desa terpencil berjalan menuju Nabi Muhammad. Utusan yang melihatnya langsung bertanya, "Wahai orang Arab di desa ini, kemana kamu pergi?" tanya nabi. Pria itu menjawab, "Kembali ke keluargaku," katanya.

Nabi kemudian bertanya lagi, "Apakah keinginanmu untuk menjadi baik?" Jadi dia menjawab, "Apa itu?" Dia bertanya.

Rasulullah kemudian bersabda, “Yaitu dengan bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah saja, tidak ada sekutu baginya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya,” kata Nabi SAW.

Pria itu menjawab, "Lalu siapa yang menjadi saksi atas perkataan Anda?" dia berkata. Nabi kemudian menjawab sambil menunjuk ke sebuah pohon di tepi lembah dan berkata, "Pohon itu adalah saksi," katanya.

Segera pohon itu membelah bumi dan berjalan menuju Rasulullah hingga akhirnya ia berdiri di hadapannya. Maka Nabi pun meminta keterangan dari pohon tersebut sebanyak tiga kali dan pohon tersebut memberikan bukti seperti yang dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kisah ini ditulis dalam kitab Sunan Ad-Darimi, Al-Muqadimah dan dijelaskan oleh Syekh Abu Bakar Jaber Al-Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim sebagai tanda kenabian Muhammad. Pohon yang bergerak mengikuti perintah Nabi ini merupakan salah satu tanda mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT.

Konten ini merupakan kolaborasi antara IHRAM.co.id dan Republika.co.id, dengan Origin Link: https://republika.co.id/berita/qitgw7366/pohon-menjadi-saksi-keislaman-seorang-arab-dusun