Tiga kabupaten di Kepulauan Riau dengan kasus Covid-19 aktif tidak ada

Petugas medis melakukan pemeriksaan cepat (rapid test) COVID-19 terhadap sejumlah pedagang di Pasar Botania 2, Batam, Kepulauan Riau. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau menyatakan tiga kabupaten di wilayah itu bertahan nihil kasus Covid-19 sejak sekitar tiga pekan.

Jumlah penderita Covid-19 di Kepulauan Riau sejak wabah mencapai 9.006 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG-Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau mengatakan, tiga kabupaten di wilayah tersebut sudah tidak ada kasus Covid-19 selama kurang lebih tiga pekan. Ketiga kabupaten tersebut adalah Lingga, Natuna dan Kepulauan Anambas.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kepulauan Riau, Tengku Said Arif Fadillah, di Tanjungpinang, Selasa (23/3), mengatakan Lingga dan Kepulauan Anambas belum aktif kasus Covid-19 sejak awal Maret 2021. Sementara itu, Natuna, mulai pertengahan bulan ini, tidak akan ada kasus Covid-19 nol.

Selain tiga provinsi, Karimun juga tidak memiliki kasus Covid-19 nol, melainkan hanya bertahan dua hari. Saat ini di Karimun hanya ada satu kasus aktif Covid-19.

"Satgas telah menetapkan Natuna, Lingga Anambas, dan Karimun sebagai kawasan aman dari penularan Covid-19," kata dia yang juga Sekretaris Kepulauan Riau itu.

Arif menjelaskan, jumlah penderita Covid-19 di Kepulauan Riau sejak wabah mencapai 9.006 orang, 8.600 orang dilaporkan sembuh, sedangkan 227 orang meninggal. Jumlah kasus aktif di Kepulauan Riau hanya 179 orang, tersebar di Batam 98 orang, Tanjungpinang 66 orang, Bintan 14 orang dan Karimun 1 orang.

Satgas Penanganan Covid-19 telah menetapkan Batam, Tanjungpinang dan Bintan sebagai Zona Kuning atau risiko penularan rendah. “Saat ini ada enam kasus baru di Batam, dua di Tanjungpinang dan enam di Bintan,” ujarnya.

Arif meminta masyarakat konsisten melaksanakan aturan kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan rutin cuci tangan pakai sabun. “Mari dukung penuh program vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19,” ujarnya

sumber: Antara

Baca:  Banyak Karyawan Hotel dan Resto Palembang Masih Dirumahkan