Sinopharm Siap Pasarkan Vaksin Covid pada akhir Desember di China

Logo perusahaan Sinopharm di Shanghai, China. Vaksin Covid-19 buatan Sinopharm siap dipasarkan di China akhir Desember 2020.

Kapasitas produksi vaksin China diperkirakan 610 juta dosis per tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Produsen vaksin ternama di China Sinopharm melakukan simulasi logistik untuk memastikan keamanan dan efektivitas distribusi vaksin di negaranya. Hal tersebut menimbulkan spekulasi bahwa sangat mungkin pasar vaksin telah disetujui sehingga dapat diperdagangkan secara bebas di China pada akhir bulan ini.

Dalam unggahan di WeChat, Kamis (10/12), Sinopharm melakukan simulasi logistik di 31 provinsi, provinsi otonom, dan kota setingkat provinsi di seluruh daratan China yang melibatkan 40 perusahaan jasa informasi dan komunikasi, pergudangan, dan transportasi.

Kemungkinan vaksin tersebut dapat digunakan di dalam negeri pada akhir Desember, kata pengamat vaksin Tao Lina. Waktu Global, Jumat (11/12). Vaksin buatan Sinopharm itu didaftarkan di Uni Emirat Arab pada Rabu (9/12) dengan tingkat efektivitas 86 persen.

Zhuhai, Provinsi Guangdong, adalah kota terakhir di China yang menggunakan vaksin untuk keperluan darurat dalam menangani kasus Covid-19 yang diimpor.

Sebelumnya, Provinsi Sichuan dan Provinsi Zhejiang, sedangkan Provinsi Jiangsu sudah mulai membeli. Beberapa staf di Pusat Pencegahan Penyakit Menular Kota Zhuhai, yang berbatasan dengan Makau, telah menerima vaksin tersebut.

Pemerintah Kota Zhuhai telah mengidentifikasi beberapa kelompok berisiko tinggi, seperti individu yang bekerja secara terpisah, pekerja bandara dan pelabuhan, petugas inspeksi perbatasan, staf bea cukai, pengemudi bandara, pekerja di sektor makanan beku, dan orang-orang yang bekerja di luar negeri. jadi lebih disukai untuk mendapatkan vaksin.

Kelompok yang sama di Kota Hefei, Provinsi Anhui, juga telah divaksinasi dengan vaksin Sinopharm. Sedangkan kelompok risiko tinggi di tiga kota di Provinsi Zhejiang, yaitu Yiwu, Jiaxing, dan Shaoxing telah divaksinasi dengan vaksin buatan Sinovac.

Baca:  Duh, nama PM Singapura itu dikeluarkan oleh seorang pedagang uang digital

Kapasitas produksi vaksin China diperkirakan 610 juta dosis per tahun.

sumber: Antara / Reuters