Republik Sumbang Rp 150 Juta untuk Bencana Kalbar

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (tengah) bersama Direktur Komunikasi ACT Ade Muhammad Yusuf, Chief Marketing Officer Rumah Zakat Irvan Nugraha, Direktur Utama Baznas M. Arifin Purwakananta dan Direktur Resources Mobilititions Dompet Dhuafa Etika Setiawanti (dari kiri ke kanan) saat penyerahan bantuan untuk korban bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan secara simbolis di Kantor Republika, Jakarta, Kamis (18/3). Penyerahan bantuan untuk korban bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan yang merupakan dari sumbangan pembaca Republika itu diserahkan kepada empat lembaga amil zakat dan lembaga kemanusiaan. Republika/Putra M. Akbar

Republik telah membuka donasi untuk membantu korban bencana sejak Februari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Redaksi -di -Chief of the Daily Republik, Irfan Junaidi menyerahkan sumbangan Rp 150 juta kepada empat lembaga amil zakat dan badan kemanusiaan untuk disalurkan kepada korban bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan pada Kamis (18/3). Empat lembaga terpercaya tersebut adalah Baznas, Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Rumah Zakat.

Irfan berkata, Republik telah membuka donasi untuk membantu korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan sejak Februari 2021. Menurutnya, banyak pembaca Republik yang dengan penuh semangat mengirimkan sebagian dari hartanya untuk membantu korban.

“Meski jumlahnya kecil, ini hanya dari pembaca Republik. Dan kami juga akan melaporkannya nanti Platform Republik sebagai pertanggungjawaban kepada pembaca, ”ucap Irfan saat menyerahkan bantuan kepada perwakilan keempat instansi di Kantor Harian. Republik, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (18/3).

Irfan berharap keempat lembaga tersebut dapat menyalurkan bantuan secara tepat waktu, sehingga dapat meringankan beban korban bencana di Sulbar dan Kalbar. Ia juga meminta perwakilan dari empat lembaga untuk mendoakan mereka Republik tetap istiqomah untuk menyuarakan aspirasi masyarakat.

Menurut Irfan, penyerahan bantuan tersebut juga menjadi momentum untuk bersilaturahmi dengan lembaga amil zakat dan lembaga kemanusiaan. Pasalnya, Covid-19 sudah mewabah sejak lama. “Semoga kita bisa terus bekerja sama untuk bekerja sama,” ucapnya.

Direktur Utama Badan Zakat Nasional (Baznas), Arifin Purwakanta mengatakan, Republik menjadi satu-satunya media massa yang terus mendukung program kelembagaan amil zakat, termasuk Baznas. Menurutnya, begitulah pesan para pembaca Republik nantinya akan digunakan untuk program bantuan kemanusiaan di Sulawesi Barat.

Baca:  Anggota IPB Bahas PAU dan Penguatan Ekosistem Wakaf

"Pesan dikirim dari Republik dan pembaca kami akan menerima dan berterima kasih. Kami masih memiliki programnya. Namun, program hajatan telah selesai pemulihan di Sulawesi Barat masih lama, ”kata Arifin.

“Ini sangat berharga, dan terima kasih untuk Republik yang mengajak orang untuk memberikan zakat dan sedekah. Semoga Tuhan memberkati, ”tambahnya.