Polsek Cianjur Membuka dan Menutup Arus Lalu Lintas ke Puncak

Sejumlah wisatawan keluar dari kendaraanya menunggu kemacetan reda akibat buka tutup jalan Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ilustrasi

Jumlah kendaraan yang menuju ke Cipanas terus meningkat selama libur panjang pekan ini

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR – Polda Cianjur, Jawa Barat menerapkan sistem lalu lintas terbuka dan tertutup menuju Cipanas-Puncak dimulai dari pertigaan Tugu Penerangan Gentur-By Pass, Cianjur dalam upaya mengantisipasi kemacetan di sepanjang jalur saat libur tahun baru bersama. . Islam 1442 Hijriah.

Tercatat sebelum Kamis malam (20/8), jumlah kendaraan dari arah Cianjur hingga Cipanas terus bertambah yang dikendalikan kendaraan pribadi bersama Polres Bandung. Sementara itu, dari arah sebaliknya dari Bogor menuju Cipanas, antrean kendaraan mulai terlihat memasuki tempat-tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas.

Tingginya jumlah kendaraan pada siang hari membuat Polsek Cianjur melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik untuk menghindari jalur yang menyebabkan kemacetan di sepanjang jalur tersebut. Sehingga para pegawai menerapkan sistem terbuka dan tertutup dari arah Cianjur sampai ke kawasan Puncak-Cipanas.

Petugas bahkan mengarahkan pengendara ke Bogor kemudian mengambil jalur alternatif menuju Jonggol atau Sukabumi agar tidak terjebak kemacetan di jalur utama Puncak. Sistem buka tutup dilakukan sesuai dengan situasi antrian mencair, jalur kembali normal seperti biasa.

Kasatlantas Polsek Cianjur, Meilawaty di Cianjur, Kamis, mengatakan memasuki libur panjang ini, jumlah kendaraan tujuan ke Puncak dari Bandung atau dari Puncak-Bogor bertambah dari pagi hingga siang hari, sehingga dilakukan sejumlah teknik arus di beberapa tempat. dot.

“Sistem buka tutup diimplementasikan mulai dari Gentle Light Monument, sebagai upaya untuk memutus antrian yang terjadi sebelum tengah hari. Ini situasi, jika rute sudah dilikuidasi maka rute akan kembali normal, jika masih ada antrian untuk menutup rute akan diperpanjang," dia berkata.

Dikatakannya, seiring dengan banyaknya kendaraan yang melewati Jalur Puncak, pihaknya mengimbau kepada para pengemudi tujuan Jabodetabek untuk mengambil jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan di jalur Puncak-Cipanas.

Baca:  Operator Kehidupan Malam dapat mengajukan izin operasi

sumber: Antara