PNJ Meningkatkan Webinar dengan Kampus Internasional

Logo Politeknik Negeri Jakarta

Webinar internasional dapat mengangkat isu strategis dalam pendidikan terapan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada tanggal 26 November, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menyelenggarakan PNJ International Webinar bertema "Mengejar Pendidikan Tinggi Vokasi Kelas Dunia Melalui Kerjasama Akademik-Industri Internasional". Webinar ini memunculkan pertanyaan tentang upaya perguruan tinggi vokasi di Indonesia menjadi Pendidikan Tinggi Vokasi Kelas Dunia untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya berdaya saing di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional.

Salah satu strategi untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menjalin kerjasama yang erat di dunia industri dan kampus luar negeri. Belajar melalui pengalaman beberapa pakar internasional yang berasal dari perguruan tinggi terapan yang telah menjadi Pendidikan Tinggi Vokasi Kelas Dunia, peserta diajak untuk memahami bentuk-bentuk skema kerjasama strategis yang dapat diterapkan.

Diantaranya adalah membangun institusi yang menghubungkan perguruan tinggi kejuruan dengan industri dan mitra pemerintah, yang disebut ERTC (Engineering Research & Technology Center) seperti di Cheng Shiu University; atau dengan menetapkan fokus pendidikan dan penelitian di universitas yang mendukung rencana inovasi industri 5 + 2 oleh pemerintah Taiwan, dan selanjutnya dapat dicapai dalam bentuk kerja sama intensif dengan industri seperti yang dilakukan oleh Universitas Asia.

Webinar ini juga menyampaikan pandangan para pembicara kampus asing tentang mekanisme dan pentingnya kerjasama internasional. Sedangkan pembicara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Paulina Pannen mengatakan, sebelum mengukuhkan dirinya sebagai Pendidikan Tinggi Vokasi Kelas Dunia, lembaga pendidikan vokasi di Indonesia bisa lebih memperkuat perannya di Tanah Air terlebih dahulu dan menjalin lebih banyak kerjasama karena pendidikan vokasi merupakan salah satu tulang punggung kemajuan bangsa Indonesia.

Pada seminar kemarin peserta sangat antusias, dimana berbagai pertanyaan seputar kebijakan belajar mandiri dan masalah akademik diberikan kepada para pemateri. Jumlah peserta yang hadir mencapai hampir 170 orang dari kalangan akademisi, asosiasi, perusahaan dan mahasiswa.

Baca:  Kiat untuk Mengungkap Masalah dalam Studi Media Sosial

Pada seminar ini, PNJ menyampaikan sambutan Prof. Jen-Chou Hatever (Kepala Departemen Teknik Mesin, Universitas Cheng Shiu), Prof. Ying-Huei Chen (Dekan, Sekolah Tinggi Internasional Universitas Asia), Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Lc (Pakar Akademik Nasional, Direktur Sistem Inovasi Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia) dan dibimbing oleh moderator Dr. (HC). Ir. Hari Purwanto, M.Sc, DIC, Staf Ahli Bidang Kerjasama Politeknik Negeri Jakarta.

Webinar internasional seperti ini, menurut Kepala Humas dan Hubungan Internasional PNJ, Dr. Nidia Shofa akan diadakan secara berkala. “Kami ingin webinar internasional ini mengangkat isu-isu strategis dalam pendidikan terapan / vokasi dan menjadi wadah pembelajaran bagi seluruh sivitas akademika PNJ dalam membuka cakrawala internasional dan memperluas jaringan internasional antar kampus,” kata Nidia dalam siarannya, Kamis (3/12).