Perum Perindo membuka peluang bagi pekerja milenial di Subang

Logo Perum Perindo. Perum Perindo bekerja sama dengan Disnaker Kabupaten Subang, Jawa Barat membuka kesempatan kerja bagi milenial setempat di pabrik pakan milik Perum Perindo,

Sistem rekrutmen juga difasilitasi dengan penerimaan lulusan SMK atau SMA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Kabupaten Subang, Jawa Barat membuka peluang bagi generasi milenial untuk bekerja di perusahaan. Penempatan puluhan ribu tahun itu untuk mendukung beroperasinya salah satu lini bisnis Perum Perindo, yaitu budidaya terintegrasi melalui pabrik pakan ikan dan udang.

Sekretaris Perusahaan Perum Perindo Boyke Andreas mengatakan, dalam situasi pandemi seperti ini, dibutuhkan tenaga milenial untuk mendukung kemajuan budidaya terintegrasi di Indonesia. “Peran milenium penting dan saat terjadi pandemi Covid-19 yang sulit mencari lapangan kerja, sebenarnya kita memberikan kesempatan kepada milenial lokal untuk bekerja,” kata Boyke dalam keterangan resmi, Sabtu (6/2).

Hal tersebut, kata dia, merupakan bentuk sinergi antara Perum Perindo dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan lokal.

Ia menambahkan, memahami situasi Covid-19 dan membantu mengurangi pengangguran di Subang, sistem rekrutmen juga dipermudah. Perum Perindo menerima lulusan SMK atau SMA yang memiliki ketrampilan mengoperasikan mesin pabrik makanan.

Saat ini, 400 pelamar sudah melakukan input data melalui HR Perum Perindo. Mereka telah memenuhi syarat untuk mengikuti tes tertulis dari tanggal 4 hingga 5 Februari 2021 di Dinas Tenaga Kerja Subang. Rekrutmen dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan operasional pabrik makanan.

Boyke juga menjelaskan, pabrik tersebut dilengkapi dengan fasilitas produksi extruder berkapasitas 6 metrik ton (MT) per jam, letter register palette dengan kapasitas 6 MT per jam, laboratorium mikroskop stereo, dan fasilitas lainnya.

Milenial akan ditempatkan sebagai timbangan truk operasi, ruang kontrol operasi atau batching, operasi pelet, operasi ekstruder, operasi Tambah Tangan, operasi Lyquid, operasi Boiler, Operasi Intacle, Operasi Pengepakan, Operasi Forklift, Operasi Loader, Operasi Proses QC, Produksi Pembersihan Area Operasi.

Pabrik pakan ikan dan udang Perum Perindo dengan nama produksi Muara Ikan untuk pakan ikan dan Udang Muara untuk pakan udang.

Baca:  Memasuki Pasar Cina secara resmi, J&T Express yakin akan bertahan hidup