Pemerintah Kabupaten Bekasi Buka Pos Pengaduan THR 2021

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi meresmikan Pos Tunjangan Cuti Keagamaan (THR) 2021 di Kantor Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Kompleks Aparatur Pemerintah Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Kabupaten Cikarang Tengah. “Pos THR sudah kita buka, sudah aktif sejak 3 Mei,” kata Nur Hidayah, Kepala Dinas Perhubungan Industri Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Senin (3/5).

Dia mengatakan pos tersebut dibuat untuk melayani informasi, konsultasi, dan keluhan tentang pembayaran THR teknis perusahaan kepada karyawan. “Saat ini tidak ada keluhan tentang THR yang masuk, ada kemungkinan H-7 berikutnya sesuai dengan aturan pusat tentang pelaksanaan pembayaran THR,” ucapnya.

Pos ini berfungsi untuk memenuhi aspirasi karyawan jika ada perusahaan yang melanggar Surat Edaran Kementerian Ketenagakerjaan Nomor M / 6 / HK.04 / IV / 2021 tentang Penerapan THR Agama 2021 bagi karyawan / buruh. Nur Hidayah mengatakan dalam surat edaran yang diterimanya disebutkan bahwa pembayaran THR kepada karyawan dilakukan paling lambat tujuh hari sebelum cuti, namun ada pengecualian bagi perusahaan yang terkena Covid-19.

Dia menjelaskan skema pembayaran THR juga sudah sepenuhnya dilaksanakan dengan batas maksimal tujuh hari sebelum Hari Raya. Namun, jika ada perusahaan yang enggan membayar lunas karena keadaan keuangan, pembayaran dapat dilakukan secara bertahap asalkan ada kesepakatan dengan karyawan.

"Perusahaan di sini harus buka, saya kira. Kalau tidak bisa, harus dibuktikan. Dan kalau mau mencicil boleh asalkan ada kesepakatan dengan karyawan," ujarnya.

Pemerintah daerah akan membantu mencari jalan keluar dengan membuka dialog antara pengusaha dan karyawan untuk mengetahui perjanjian pembayaran THR, khususnya bagi perusahaan yang terdampak wabah Covid-19. Pemerintah daerah juga akan meminta perusahaan membuktikan ketidakmampuannya membayar THR kepada karyawan tepat waktu.

Baca:  Pemkot Siap Lanjutkan Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

“Kami hanya sebagai fasilitator yang memberikan kemudahan bagi karyawan untuk benar-benar menerima hak menerima THR Agama sesuai ketentuan,” ujarnya.