Peluang Transformasi Perbankan Digital di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 dinilai menjadi peluang dalam mempercepat transformasi digital di industri perbankan. Dekan Asia Tenggara dan Profesor Strategi dan Inovasi IMD Business School, Misiek Piskorski, melihat industri perbankan di Indonesia sudah mulai melakukan transformasi tersebut.

Data nasabah dalam bentuk digital membantu bank menganalisis perilaku nasabah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi Covid-19 dipandang sebagai peluang untuk mempercepat transformasi digital di industri perbankan. Dekan Asia Tenggara dan Guru Besar Strategi dan Inovasi Sekolah Bisnis IMD, Misiek Piskorski, melihat industri perbankan di Indonesia sudah mulai melakukan transformasi ini.

Pandemi ini merupakan peluang besar untuk bertransformasi. Menurut saya perusahaan harus bisa memanfaatkan situasi ini, kata Piskorski dalam sambutannya di acara Indonesia Digital Economy and Business Outlook 2021, Senin (21/12).

Piskorski mengatakan transformasi digital akan memberikan banyak keuntungan bagi perbankan. Data yang telah diubah menjadi bentuk digital akan memudahkan bank dalam menganalisis kebutuhan nasabah.

Oleh karena itu, perusahaan dapat membidik konsumen dengan tepat. "Transformasi digital membantu perusahaan memahami kebutuhan pelanggan dan menganalisis perilaku pelanggan," ujarnya.

Di sisi lain, imbuhnya, transformasi digital juga dapat mempercepat aliran dana masuk. Transformasi digital memudahkan nasabah untuk mengakses layanan keuangan hanya melalui ponsel. Aplikasi yang disediakan oleh perbankan akan memudahkan nasabah untuk mengakses layanan tanpa harus mengunjungi kantor cabang.

Menurut Piskorski, untuk bisa memanfaatkan di tengah wabah ini, ketangkasan dan kreativitas sangat diperlukan. Selain itu, perusahaan harus mampu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang banyak dilakukan secara online.

"Perusahaan harus bersiap untuk itu karena perubahan ini diperkirakan akan terus berlanjut bahkan setelah wabah," kata Piskorski.

Piskorski yakin perusahaan-perusahaan di Indonesia siap menghadapi berbagai perubahan yang terjadi akibat wabah tersebut. Ia melihat pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan bagi pertumbuhan ekonomi digital. Sehingga ekonomi digital di Indonesia kedepannya akan semakin maju.

Baca:  BRI Luncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan Pertama