Moeldoko: PON Papua Bukti Pembangunan Terpusat di Indonesia

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Dalam pembangunan berbasis Indonesia, Papua menjadi prioritas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kepala Staf Presiden Moeldoko menyampaikan perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap penyelenggaraan PON XX Papua sebagai hal yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah PON. Hal ini ditunjukkan dengan kemajuan yang pesat dalam pembangunan infrastruktur olahraga di Papua.

“Ini bukti komitmen pembangunan berbasis Indonesia yang dicanangkan Presiden, di mana Papua Tanah menjadi prioritasnya,” kata Moeldoko saat berbicara pada Sponsorship Meeting XX 2021 Papua di Jakarta, dikutip dari siaran resmi KSP, Jumat (30 / 30) 4).

Bagi Presiden, lanjutnya, penyelenggaraan PON dan PEPARNAS untuk memperkuat jati diri bangsa Indonesia. Menurutnya, penyelenggaraan PON dan PEPARNAS di Papua juga tidak terlepas dari upaya percepatan pembangunan kesejahteraan Tanah Papua serta semangat dan semangat olahraga yang ada dan mirip Tanah Papua.

Moeldoko mengatakan, Presiden meminta PON XX tahun 2021 dilaksanakan tahun ini. “Ini karena kami siap, dan persiapan yang kami lakukan sangat luar biasa,” jelas Moeldoko.

Keseriusan Presiden terungkap dalam tiga rapat terbatas atau rapat kabinet yang khusus membahas PON, serta keluarnya tiga Instruksi Presiden terkait PON dan percepatan pembangunan Papua. Sementara itu, Moeldoko juga telah menugaskan tiga pasukan untuk terjun langsung ke tiga wilayah di Papua, yakni Jayapura, Mimika, dan Merauke pada bulan ini.

Tim yang dipimpin Wakil V Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani itu bertugas memantau progres langsung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. “Saya dan jajaran Kantor Kepala Staf Presiden akan terus menjaga PON hingga selesai,” kata Moeldoko.

Ia menambahkan PON XX di Papua akan menjadi ajang olahraga terbesar di kawasan Pasifik. Ia pun yakin selain siap menjadi tuan rumah PON, Papua juga siap menjadi tuan rumah event olahraga internasional dan regional lainnya.

Baca:  Komnas HAM Papua Minta Pemerintah Promosikan Penegakan Hukum

“Fasilitas olahraga lengkap yang kami bangun dalam empat grup pertandingan di Papua kini menjadi yang terlengkap dan terbaik di kawasan Pasifik selain fasilitas olimpiade di Australia,” jelasnya.

Menurut Moeldoko, penyelenggaraan PON XX dikatakan berhasil jika berhasil berorganisasi, berhasil berprestasi, berhasil dalam administrasi, dan berhasil dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak yang hadir malam ini, baik dari pemerintah maupun swasta beserta seluruh elemen tanah air, untuk berkontribusi menyukseskan acara bersejarah ini,” kata Moeldoko.