Menteri Gus: Petani Pengawal Terkuat dalam Konstelasi Ekonomi

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar melakukan penanaman perdana Kawasan Perdesaaan Prioritas Nasional Agropolitan di Desa Tekasire Kabupaten Dompu yang diinisiasi oleh PT Pupuk Kaltim.

Pertanian menjadi pertahanan sektor ekonomi di tengah resesi

REPUBLIKA.CO.ID, DOMPU – Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menanami Kawasan Desa Prioritas Nasional Agropolitan pertama di Desa Tekasire, Kabupaten Dompu yang dirintis oleh PT Pupuk Kaltim.

Dalam arahannya, Menteri Halim didampingi Nyai Lilik Umi Nashriyah sangat berterima kasih atas program Industri Pertanian yang dimulai oleh PT Pupuk Indonesia Tbk di Kabupaten Dompu. Program ini dinilai penting karena memberikan tenaga bagi petani dan mendukung produksi pertanian.

“Petani adalah penjaga terkuat dalam konstelasi ekonomi,” kata Menteri Gus, sapaannya, Jumat (6/11), sesuai siaran persnya.

Hal ini dibuktikan oleh Menteri Gus yang mengatakan bahwa meski pertumbuhan ekonomi Indonesia minus lima persen pada triwulan II, tiga persen pada triwulan III dan IV diharapkan minimal mencapai nol persen, namun pertanian merupakan pertahanan sektor ekonomi.

“Semua sektor minus kecuali pertanian berhasil bagi petani,” kata Dr. Honoris Causa dari UNY.

Data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa pertanian merupakan segmen ekonomi yang paling tahan lama sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia jauh di atas Singapura dan Malaysia. Industri pertanian merupakan bagian penting dalam membangun kekuatan di sektor pertanian, termasuk ketahanan pangan.

“Kami berharap Kemandirian Pangan ke depan dapat terwujud karena kami berharap ke depan pembangunan perdesaan memiliki target yang konkrit dan terukur,” ujar mantan Ketua DPRD Jatim ini.



PDTT Kementerian Kesehatan sedang menata ulang pembangunan pedesaan yang tidak hanya bergantung pada aspek wilayah tetapi juga aspek kewarganegaraan.

Mulai tahun 2021, arah pembangunan pedesaan dibuat secara utuh, lengkap, holistik, dan dinarasikan sesederhana mungkin agar setiap orang yang memahami dan melaksanakan arah pembangunan pedesaan dapat mencernanya dengan baik sehingga dapat merencanakan arah pembangunan pedesaan dengan sebaik-baiknya.

Baca:  Kepala Sekolah IPB Memberikan Tips Menambah Bobot Hewan

Salah satunya adalah Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan. Bentuk upaya ke sana, misalnya bicara soal ketahanan pangan, meningkatkan produksi pertanian dan meningkatkan nilai tukar petani.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Kristianto, Dirjen PKP Kemenkes Harlina Sulistyorini, Kepala Balilatfo Eko Sri Haryanto, Inspektur Kepala Komandan PDTT Ekatmawati, pejabat baik dari Kementerian PDTT dan Pupuk Indonesia.

Bantuan juga diberikan kepada petani dan BUMDes di Desa Tekasire dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan PDTT dan Pupuk Kaltim.