Makan di Rumah Tanpa Gaji, Halal di DC Galang Donation

Beri Makan Tunawisma, Restoran Halal di DC Galang Donasi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,WASHINGTON – Pemilik Sakina Halal Grill Restaurant, Kazi Mannan, memiliki banyak hal yang patut disyukuri di Hari Thanksgiving ini. Baru minggu lalu, restoran berkonsep Asia Selatan di pusat kota D.C. terancam, dan Mannan bersiap untuk menutup pintu selamanya.

Sebagai upaya terakhir, Mannan meluncurkan kampanye penggalangan dana di situs GoFundMe pada Kamis (12/11). Selama enam hari pertama, kampanye telah menghimpun dana lebih dari USD 237.000 atau setara dengan Rp 3,3 miliar dengan target USD 250.000 atau Rp 3,5 miliar.

"Saya merasa sangat senang dengan cinta dan dukungan yang tersedia. Beberapa hari yang lalu, saya menangis karena takut kehilangan segalanya, dan hari ini, saya memiliki air mata kegembiraan, harapan dan kegembiraan, "katanya. Pemakan DC, Kamis (19/11).

Kemurahan hati Mannan sebagai pemilik pasti menjadi faktor tingginya respon yang diterimanya. Sejak membeli restoran pada 2015, Mannan telah menerapkan kebijakan untuk membuka pintunya bagi para tunawisma.

Para tuna wisma yang datang ke restoran diperbolehkan untuk duduk dan menikmati hidangan yang disediakan oleh restoran, mulai dari menu Pakistan, Nepal hingga India. Sepanjang waktunya dalam bisnis, dia memperkirakan telah menyajikan lebih dari 20.000 makanan gratis dalam lima tahun terakhir.

Sebelum wabah Covid-19 menyebar, hasil bisnisnya dapat disumbangkan. Namun, mengingat kurangnya dana pemerintah dan menurunnya lalu lintas pejalan kaki di pusat kota, Mannan yakin dia harus menutup bisnisnya pada bulan Desember.

Pukul 09.00-17.00 makan siang yang selalu menampung Sakina sudah tidak ada. Dia harus berhenti menyajikan makanan gratis ketika kerawanan pangan meningkat.

"Covid-19 telah benar-benar menghancurkan bisnis saya, begitu pula banyak restoran lain. Kami kehilangan banyak pelanggan reguler. Kami tidak mampu memberi makan para tunawisma. Dan untuk sementara waktu di musim semi, kami harus tutup sepenuhnya," lanjutnya.

Selama lima bulan terakhir, restoran telah beroperasi tergantung pada sejumlah kecil pesanan yang diambil, serta pesanan di tempat tetapi menerapkan praktik penghindaran sosial. Mannan mengatakan semua upaya ini tidak cukup untuk membuat restorannya bangkit kembali.

Dia menghasilkan sekitar 500 USD atau sekitar Rp 7,1 juta dalam penjualan setiap hari. Angka tersebut dikatakan hampir tidak cukup untuk menutupi biaya sewa dan operasional senilai USD 45.000 atau Rp 639,5 juta per bulan.

Untuk tetap bertahan, dia mengatakan dia mulai meminjam uang dari bank dan teman. Sambil berpikir untuk mencari cara lain untuk bertahan hidup, seorang teman merekomendasikannya untuk pergi ke kampanye penggalangan dana.

Situs GoFundMe menampilkan kampanye di halaman beranda. Hingga tengah hari Rabu (18/11), lebih dari 5.100 donor telah mengumpulkan 237.647 USD. Kampanye ini berada di jalur yang tepat untuk mencapai target $ 250.000 sebelum Thanksgiving.

Banyak sumbangan kecil disertai dengan ucapan terima kasih dan dukungan. "Terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk komunitas! Saya harap ini membantu. Saya mengirimkan doa kepada Anda," tulis seorang donatur.

“Di masa-masa sulit ini, semoga kalian bisa menjaga diri juga. Semoga bisa mengembalikan makanan dari kalian,” tulis donatur lainnya.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk melunasi hutang dan biaya operasional agar Sakina Halal Grill tetap buka. Mannan mengatakan dia bisa mulai menyajikan makanan untuk para tunawisma pada bulan Desember.

“Sekarang, kami di sini untuk memulai dengan harapan dan perjalanan baru untuk mendukung orang lain. Saya merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dari diri saya sendiri, "katanya.

Dia juga mengatakan sedang dalam proses mengirimkan dokumen untuk meluncurkan sebuah amal, yang disebut Food & Faith Foundation. Misi amal ini adalah membantu memberi makan orang miskin. Ia berharap yayasan tersebut bisa beroperasi awal tahun depan.

Terakhir, dia menyebutkan ada sisa dana dari kampanye tersebut GoFundMe ini dia akan berkontribusi untuk yayasan. Ia menilai setiap orang dimanapun sedang mengalami masalah, dan jika membutuhkan makanan, ia akan bersedia mendukungnya.

Sumber: https://dc.eater.com/2020/11/18/21573376/go-fund-me-page-saves-sakina-halal-grill-owner-feeds-homeless-people-d-c

Baca:  Hukum Alkohol dalam Kosmetik | Republic Online