Kurangi Stok Darah, Sukabumi Dorong Donor Darah

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (14/3).

Target donor darah Sukabumi adalah mengumpulkan 100 buah labu darah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI – Wabah Covid -19 berdampak pada penurunan stok labu darah di Palang Merah Indonesia (PMI), termasuk di Kota Sukabumi. Hal ini ditanggapi oleh organisasi masyarakat di kota Sukabumi yang menggalakkan kegiatan donor darah.

Salah satunya dilakukan Ikatan Tionghoa Indonesia (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Dataran Danalaga, Kota Sukabumi, Minggu (14/3). "Ada permintaan dari PMI agar labu darah selama periode Covid dikurangi, jadi kami mulai gerakan donor darah," kata Gunawan, Ketua Panitia Donor Darah INTI, kepada wartawan.

Selain itu, organisasi tersebut mengundang berbagai komunitas lain untuk berpartisipasi dalam aksi sosial kemanusiaan ini. Tercatat ada 15 komunitas yang mengirimkan perwakilan antara lima hingga sepuluh orang untuk mendonor darah.

Harapan atau target dari kegiatan donor darah ini bisa terkumpul 100 buah labu darah, kata Gunawan. Kegiatan ini didukung oleh Walikota Sukabumi. Achmad Fahmi, PMI Kota Sukabumi dan sponsor Sinar Mas Utama dan lainnya.

Makna lanjut Gunawan, INTI berharap kedepannya bisa berbuat sesuatu dalam penyediaan labu darah. Selain saat ini juga dapat mempererat silaturahmi dengan masyarakat dan merangkul semua elemen sehingga terjalin kebersamaan antar komunitas.

Baca:  Desa Merdeka di Jawa Barat Lampaui Target