Koeman Berjanji Memainkan De Jong dan Griezmann di Posisi Ideal

Antoine Griezmann

Koeman berjanji akan bermain dengan De Jong dan Griezmann dalam posisi ideal di skuad Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA – Ronald Koeman sudah memiliki gambaran tentang apa yang akan dilakukannya di Barcelona musim depan. Pelatih Belanda baru saja menjadi pelatih Blaugrana.

Sejumlah tugas menunggu Koeman. Bahkan, Koeman dituntut untuk mengangkat Blaugrana keluar dari kesulitan. Untuk mencapai target tersebut, pihaknya rela melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah mengembalikan pemain bintang ke posisi terbaik.

Pertama ada Frenkie de Jong. Di era Ernesto Valverde dan Quique Setien, eks bintang Ajax Amsterdam ini kerap diposisikan sebagai gelandang bek kiri. Koeman menilai itu bukan posisi yang tepat untuk pesepakbola berusia 23 tahun itu. Dia akan menghadapi De Jong sebagai gelandang.

"Itu ide saya. Jika Anda menginvestasikan banyak pemain muda, Anda menghabiskan banyak uang saat mengontraknya, Anda harus membiarkan dia bermain di posisi di mana dia bermain bagus," kata mantan arsitek timnas Belanda itu. Menandai, Sabtu (22/8).

Koeman tidak hanya berbicara. Ia berpengalaman menangani De Jong di skuad kincir angin nasional. Hanya Sergio Busquets yang masih di posisi itu. Fakta tersebut berpotensi menambah suasana persaingan di lini tengah Blaugrana. Selanjutnya adalah Antoine Griezmann. Mantan superstar Atletico Madrid itu tak menunjukkan performa impresif dalam setahun di Barca.

Sedangkan Griezmann memiliki latar belakang yang berkelas. Sebagai pemain reguler, sang bintang menjadikan Prancis juara dunia 2018. Seperti De Jong, Griezmann cenderung ditempatkan sebagai winger kiri di Barca. Koeman menilai situasi inilah yang menjadi penyebab juara Les Bleus mengalami penurunan kinerja.

"Dia bukan pemain sayap sejati. Dia harus bermain di posisi yang biasa dia mainkan," kata ahli taktik berusia 57 tahun itu.

Baca:  Kalahkan Napoli, Barcelona dan Messi untuk mencetak rekor baru

Selama di Atletico dan di timnas Prancis, Griezmann kerap diposisikan sebagai striker hole, dalam formasi dua striker. Sangat menarik untuk menantikan bagaimana ramuan Koeman berurusan dengan Lionel Messi dan teman-temannya.