KNEKS Mendukung Peningkatan Tata Kelola Wakaf

Ilustrasi Wakaf Uang

KNEKS berkomunikasi erat dengan BWI dalam pengaktifan ekosistem wakaf uang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mendukung upaya perbaikan pengelolaan wakaf di Indonesia. Direktur Keuangan Sosial KNEKS, Ahmad Juwaini mengatakan, KNEKS mendukung program wakaf yang sudah berjalan sejak lama.

“Dalam rangka program wakaf ini, kami mendukung apapun yang dikembangkan BWI, terutama untuk meningkatkan optimalisasi wakaf tunai yang telah dilakukan BWI dan nadzir,” ujarnya.

Ini termasuk peningkatan mobilisasi, serta kualitas distribusi kepada penerima bantuan. KNEKS berkomunikasi erat dengan BWI dalam pengaktifan ekosistem wakaf uang di Indonesia.

Selain itu, dibahas pula dengan Nadzir dan seluruh pihak terkait untuk meningkatkan pemerintahan wakaf uang. Semoga ke depannya pengelolaan endowment bisa lebih baik lagi. Salah satunya adalah keberadaan peron dengan nadzir.

“Terkait GNWU, kami juga mendukung dan membantu BWI bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menindaklanjuti GNWU,” ujarnya.

GNWU mengundang masyarakat untuk menyumbangkan uang di titik nadzir mana pun. Wakaf bisa dilakukan melalui perbankan yang juga menjadi Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Wang (LKSPWU), nadzir filantropis Islam, nadzir di perguruan tinggi, bahkan yang digital seperti Kitabisa.com.

Dana wakaf selanjutnya akan dikelola sesuai program nadzir masing-masing. Standar manajemen mengacu pada Core Principles of Endowment (WCP), baik dari segi pengumpulan, pengelolaan, manajemen risiko, dan lain-lain.

Baca:  BNI Syariah Salurkan Pembiayaan untuk Pemuda Indonesia di Jepang