Kata Sandi: Meringankan Beban Warga dengan Tanggung Jawab Moral

Pengusaha Nasional Sandiaga Uno

Banyak warga yang kehilangan penghasilan karena Covid 19 layak mendapat bantuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 membantu pemerintah mempercepat penanganan wabah Covid-19 dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Jakarta. Membantu beban ekonomi penduduk akibat dampak Covid-19 dikatakan menjadi tanggung jawab moral yang perlu dilakukan.

Kegiatan yang dilakukan bekerja sama dengan Rumah Sandiaga Uno Indonesia ini dilakukan dengan membagikan 100 paket sembako. Sembako tersebut diberikan langsung oleh Kepala Rumah Sandiaga Uno Indonesia, Sanny Irwan, kepada warga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan yang tinggal di kawasan Teluk Jakarta.

“Hari ini, Relawan United Indonesia dan Rumah Sandiaga Uno Indonesia memberikan bantuan 100 paket sembako. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat,” kata Sandiaga Uno, Ketua Relawan Indonesia Penanggulangan Covid-19, Sandiaga Uno, dalam keterangannya. media pada Kamis (1/10)

Menurut Sandiaga, lesunya ekonomi masyarakat dan rendahnya daya beli masyarakat mendorongnya untuk membantu masyarakat. Ia mengatakan, meringankan beban ekonomi penduduk akibat dampak Covid 19 merupakan tanggung jawab moral yang harus dilakukan. Ia menilai nelayan merupakan kelompok masyarakat yang rentan mengalami penurunan pendapatan. “Saya mendapat pesan dari warga di lokasi, masih banyak dari mereka yang kehilangan penghasilan akibat Covid 19. Perlu kita singgung,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pemerintahan Pulau Kelapa, Muslim, mengucapkan terima kasih atas bantuan sosial yang diberikan oleh United Indonesia Volunteers. Menurutnya, warga sangat membutuhkan bantuan yang diberikan oleh para relawan. “Saya berterima kasih kepada masyarakat atas bantuannya, semoga bisa meringankan beban ekonomi kita,” ujarnya.

Umat ​​Islam berharap kedepannya lebih banyak bantuan yang diberikan kepada warganya. Ia berharap hal ini karena Kelurahan Pulau Kelapa merupakan kawasan pemukiman padat di Kabupaten Kepulauan Seribu Utara. “Otomatis, sejak diberlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) pendapatan masyarakat turun drastis,” ujarnya.

Keterpurukan ekonomi penduduk akibat dampak Covid-19 dirasakan warga Pulau Kelapa. Seorang warga bernama Syahrudin mengaku penghasilannya sebagai nelayan kini tidak cukup untuk kesehariannya. “Biasanya ikan kita jual ke daratan Jakarta sekarang, kita hanya bisa jual ke warga sekitar,” terangnya.

Syahrudin berharap bantuan yang diberikan pemerintah dan relawan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak Covid-19. “Saya sangat berterima kasih atas bantuan dari United Indonesia Volunteers, sangat membantu,” ujarnya.

Baca:  Penyidik ​​Kasus Pelecehan Staf Medis di Bandara