Kasus Covid-19 terus meningkat di Kepulauan Riau

Jumlah pasien positif Covid-19 di Kepri bertambah 68 orang dalam sehari. Ilustrasi.

Jumlah penderita positif Covid-19 di Kepulauan Riau bertambah 68 orang dalam sehari

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG – Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau menyatakan, jumlah penderita Covid-19 pekan ini meningkat drastis. Kepala Harian Tengku Said Arif Fadillah mengatakan jumlah penderita positif Covid-19 di wilayah tersebut meningkat sebanyak 68 menjadi 1.024 orang.

“Sejauh ini tidak ada 68 kasus dalam sehari,” katanya yang juga Sekretaris Kepulauan Riau itu.

Arif mengatakan jumlah penderita Covid-19 di Batam meningkat drastis dibandingkan dengan Karimun, Bintan, dan Tanjungpinang. Jumlah kasus Covid-19 di Batam meningkat 59 dari total 68 pasien di Kepulauan Riau saat ini.

Jumlah penderita Covid-19 di Batam mencapai 661, sedangkan sembuh 377 orang, dan meninggal 31 orang. Jumlah kasus aktif di Batam sebanyak 253 orang.

Sedangkan di Tanjungpinang jumlah penderita bertambah menjadi lima menjadi 174 orang dan di Bintan ada empat kasus bertambah menjadi 61 orang. 128 orang dengan Covid-19 di Tanjungpinang telah pulih, sedangkan empat orang telah meninggal. Jumlah kasus aktif di Tanjungpinang sebanyak 42 orang.

Di Karimun tidak ada tambahan kasus Covid-19. Jumlah kasus Covid-19 di Karimun mencapai 31 orang, 19 di antaranya sudah sembuh. "Di Lingga kasus Covid-19 hanya satu orang dan itu kasus lama. Lingga, Anambas, dan Natuna ditetapkan sebagai zona hijau," ujarnya.

Arif mengimbau publik untuk menjadi yang terdepan dalam memutuskan jaringan pengiriman Covid-19. Caranya sederhana yaitu melakukan aktivitas dengan mematuhi tata tertib kesehatan, memakai masker, menjaga jarak minimal satu meter saat berinteraksi, dan rajin cuci tangan pakai sabun. "Batasi diri Anda di daerah terpencil di mana penularan lokal terjadi," katanya.

Baca:  Ratusan Rohingya yang terdampar di Laut Aceh akan diuji Covid-19