Kapan Waktu Terbaik Untuk Menggosok Gigi Pagi Anda?

Sikat gigi perlu dilakukan setidaknya dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari.

Anda harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anda perlu menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Namun, belum banyak orang yang mengetahui kapan waktu optimal untuk menyikat gigi di pagi hari.

Waktu terbaik untuk menyikat gigi di pagi hari bergantung pada jenis makanan dan minuman yang Anda makan saat sarapan. Secara umum, lebih baik menyikat gigi setelah sarapan pagi. Dengan begitu, berbagai noda sisa makanan hingga minuman dari sarapan pagi bisa dibersihkan.

Cara ini juga akan menjaga kebersihan gigi untuk jangka waktu yang lebih lama selama Anda beraktivitas. Dengan begitu, bakteri di mulut Anda akan memiliki lebih sedikit waktu untuk memetabolisme gula dan menyebabkan gigi berlubang atau kerusakan gigi.

Namun, jika ingin mengonsumsi makanan atau minuman asam saat sarapan, sebaiknya menyikat gigi dilakukan sebelum sarapan. Pasalnya, menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam seperti kopi dan buah bisa merusak enamel gigi.

Jika Anda tetap ingin menyikat gigi setelah sarapan dengan makanan atau minuman yang bersifat asam, istirahatlah sebelum menyikat gigi. The American Dental Association merekomendasikan menunggu 60 menit setelah makan minuman asam sebelum menyikat gigi.

Namun, jika tidak ada waktu untuk menunggu, cara lain untuk melakukannya adalah dengan berkumur dengan air. Membilas akan membantu sisa makanan atau minuman menempel di sela-sela gigi Anda sepanjang waktu.

“Semakin sering Anda membilas makanan dan bakteri, semakin optimal kesehatan mulut yang Anda capai,” ujarnya ahli kebersihan gigi terdaftar Madison Kaplan, seperti dilansir CNet, Minggu (14/3).

Ini juga berlaku untuk kopi dan jus jeruk. Seperti yang Anda ketahui, kedua minuman ini merupakan minuman yang sangat asam. Menyikat gigi setelah minum kopi dapat menyebabkan erosi email gigi.

Menyikat gigi sebelum dan sesudah sarapan bisa dilakukan. Namun, Kaplan menyarankan untuk menyikat gigi dengan hati-hati.

“(Menyikat terlalu banyak) dapat merusak gusi,” Kaplan menjelaskan.

Baca:  Bisakah Diet Keto Menyebabkan Kematian?