Janji Profesional Komisi III Menyidik ​​Cakapolri Listyo

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Pemerintah diwakili oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno mengantarkan surat presiden (Surpres) terkait Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang menjadi calon tunggal Kapolri kepada DPR. Ia berharap, lembaga yang dipimpin oleh Puan Maharani itu dapat menyetujui usulan tersebut.

Anggota Komisi III memastikan partainya akan melakukan tes yang sesuai dan akurat untuk Listyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan menilai Komjen Listyo adalah sosok profesional yang berintegritas untuk mengisi jabatan Kapolri. Meski begitu, dia meyakinkan pihaknya akan tetap profesional dalam tes yang tepat dan sesuai yang akan digelar pekan depan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, DPR terus bekerja keras dalam melakukan tes yang tepat dan akurat. Seperti yang dititipkan Ketua DPR, Komisi III pasti akan memastikan pemenuhan persyaratan administrasi, kompetensi, profesionalisme,” kata Arteria, Kamis (14/1). ).

Arteria menilai Listyo adalah salah satu calon terbaik di kepolisian. Prestasinya dinilai cukup baik, terutama selama menjabat sebagai Kepala Bareskrim dan Bareskrim Irjen Pol.

"Dia memiliki kepribadian yang sederhana, pekerja yang rendah hati dan rendah hati serta seorang pemimpin. Dia juga menangani emosinya dengan baik dan cenderung tidak egois," kata Arteria.

Jika Listyo diangkat menjadi Inspektur Jenderal Polri, dia akan menjadi salah satu pimpinan Polri dengan masa jabatan terlama. Masa kepemimpinan yang panjang ini dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan visi Polri tentang angkatan kepolisian yang profesional, modern, dan andal.

"Tidak lagi sibuk mengganti Kapolri setiap tahun, tidak ada ruang main gerbong di sana, mobil di sini, semua mobil di bawah pimpinan Irjen Pol," kata politisi PDIP itu.

Sebelumnya, pemerintah diwakili oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno untuk menyampaikan surat presiden (Surpres) tentang Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, yang merupakan satu-satunya calon Kapolri kepada DPR. Ia berharap, lembaga yang dipimpin Puan Maharani itu menyetujui usulan tersebut.

“Tentunya sebagai hasil dari proses di DPR tersebut kami sangat berharap dapat menyepakati apa yang telah diusulkan oleh Presiden,” kata Pratikno di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlimen, Jakarta, Rabu (13/1).

Rencananya DPR segera menggelar rapat pimpinan dan Badan Permusyawaratan (Bamus) terkait kejutan presiden. Kemudian, keputusan rapat tersebut akan segera menunjuk Komisi III untuk melakukan pengujian yang tepat dan akurat.

“Kami sangat berharap dan berharap DPR bisa bertindak secepatnya, seperti yang disampaikan Ketua DPR dalam 20 hari,” kata Pratikno.

Baca:  Santunan Pangdam dan Dirkumad untuk Korban Batalyon Personel TNI