Ikatan Notaris Sumbar Gelar Magang Bersama

Ikatan Notaris Sumbar Gelar Magang Bersama. Foto: Notaris/ilustrasi

Pelatihan magang diselenggarakan oleh Ikatan Notaris Sumatera Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG – Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sumbar kembali menggelar magang bersama (Maber) bagi calon notaris. Bahkan selama pandemi Coronavirus Deseases (Covid-19) 2019, dokter magang sendi masih mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Karena ini tanggung jawab moral organisasi. INI rasanya tanggung jawab menyiapkan calon notaris yang siap pakai. Untuk itu, Maber tetap kita pegang meski masih dalam wabah Covid-19,” ujar Kepala Kanwil INI Sumbar Muhammad Ishaq usai pelaksanaan. Maber. , di Jalan Koto Marapak Nomor 2, Kota Padang, Sabtu (29/8).

Sebelumnya Kanwil Sumbar ini juga menggelar magang bersama calon notaris pada Maret 2020. Saat itu, Magang Bersama dipadukan dengan pelaksanaan ujian Anggota Khusus ini.

Ishaq menjelaskan, Maber merupakan syarat calon notaris. Selain persyaratan administrasi administrasi calon notaris, Maber juga menjadi tempat asesmen bagi calon notaris dan notaris yang menerima magang oleh organisasi.

Menurutnya, dengan magang bersama ini terlihat kemampuan teknis dari calon notaris dalam memahami profesi hukum yang akan diembannya. Di sisi lain, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi calon notaris untuk berdiskusi tentang praktik notaris yang selama ini belum dipahami.

“Pentingnya magang ini bagaimana calon notaris bisa memahami praktik notaris. Tidak hanya syarat wajib menjadi notaris sesuai aturan himpunan ini. Tapi benar-benar meningkatkan kualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Panitia Magang Bersama Kanwil INI Sumbar, Mitra Pemilda mengatakan, calon notaris selain wajib magang di kantor notaris juga diwajibkan mengikuti magang bersama. Diklat bersama dilaksanakan dalam empat semester, semester satu hingga empat.

Tujuan lain dari magang bersama ini, kata Mitra, adalah untuk meningkatkan penguasaan, keahlian dan ketrampilan serta pelaksanaan tugas komunitas notaris dan meningkatkan pemahaman tentang Kode Etik Notaris dan penerapannya.

Baca:  Polisi Menangkap Sopir Truk, Tersangka Pelecehan Anak

Materi yang diberikan antara lain studi mendalam tentang Aturan Jabatan Notaris, Hukum Keluarga, Kode Etik 1, Perjanjian Waralaba, Surat Kuasa dan Teknik Bertindak. Tiap semester dengan materi berbeda.

"Memang, menjadi notaris
Tidak mudah, banyak tahapan yang harus ditempuh calon notaris
Notaris karena jabatan notaris merupakan jabatan yang mulia, ”kata Mitra.

Untuk memenuhi protokol kesehatan covid-19, panitia mewajibkan peserta untuk mengikuti tes cepat. Kemudian sebelum masuk ruangan, peserta harus mencuci tangan dan mengecek suhu tubuhnya. Peserta juga harus menyediakan hand sanitizer sendiri, termasuk membawa sajadah sendiri.