Hadapi Pandemi dan Bencana, Sukabumi Salurkan Bantuan Pangan

Lawan Corona. Ilustrasi

Penerima bantuan di empat kelurahan ini sebanyak 92 Kepala Keluarga (KK).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI – Pemerintah Sukabumi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Sukabumi (DKP3) menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah daerah pada pertengahan Oktober 2020. Penyaluran bantuan ini dalam rangka wabah Covid-19 dan potensi bencana alam di tengah curah hujan yang deras. tertinggi .

Penyaluran bantuan ini dilakukan secara seremonial oleh Walikota Sukabumi Achmad Fahmi kepada warga Desa Cisarua, Selabatu, Citamiang dan Situmekar pada 16 Oktober 2020. Penerima bantuan di empat kelurahan tersebut adalah 92 Kepala Keluarga (KK), 342 orang dengan total bantuan 1.738,5 kilogram.

"Tidak bisa dipungkiri, setiap bencana mengintai kita semua, termasuk dampak wabahnya," kata Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, Senin (19/10).

Persiapan yang maksimal harus dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai bentuk kehadiran saat masyarakat mengalami bencana, termasuk saat mengalami bencana alam dan wabah penyakit.

Tugas pemerintah daerah, lanjut Fahmi, antara lain mempersiapkan tenaga medis dan sembako. Karena kedua hal ini penting untuk meringankan korban bencana.

Menurut Fahmi, pendistribusian ini dilakukan serentak di setiap kecamatan untuk pendistribusian tempat penyimpanan bahan pokok. Upaya ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap warga yang mengalami bencana.

Pemerintah pusat, kata Fahmi, telah memberikan edukasi bahwa antara bulan Oktober sangat mungkin terjadi perubahan iklim, sehingga harus tetap waspada. Salah satunya dengan mendukung pegawai di daerah dengan cara menyampaikan informasi tentang acara atau apapun yang ada di setiap daerah kepada pegawai di daerah tersebut.

“Apalagi saat wabah, kami juga siapkan Social Halo bila ada orang yang tidak bisa makan,” kata Fahmi.

Kemudian bila ada laporan warga kesulitan makan, bantuan akan segera disalurkan kepada mereka.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi Andri Setiawan menambahkan, bantuan gudang pangan pemerintah diberikan untuk membantu warga yang membutuhkan. Dimana beras didistribusikan memiliki kualitas terbaik.

Baca:  Cegah Covid-19, Sukabumi Pilih Tingkatkan Kecepatan Tes