Dusun Jabung Sleman Ikut Vaksinasi Lansia Bersama

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – Dusun Jabung, Kecamatan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman dinilai layak dijadikan contoh kerja sama bersama melawan Covid -19. Selain melakukan aplikasi, warga juga membawa seluruh lansia dengan vaksinasi bersama ke RSUD Sleman.

Direktur RSUD Sleman, Dr Cahya Purnama mengatakan, tidak semua orang tua bisa mengakses internet. Namun, warga Jabung melakukan langkah-langkah kreatif untuk mengedukasi mereka tentang vaksinasi, mengumpulkan data, dan mendaftarkan orang tua secara kolektif.

Begitu jadwal vaksinasi di RSUD Sleman didapat, mereka menghubungi para orang tua untuk bersiap-siap. Apalagi belum semua lansia memiliki keluarga yang bisa mengantarnya ke RSUD Sleman, sehingga warga menyediakan transportasi dan tim pendamping.

“Lansia yang kesulitan dipandu tim pendamping dari kebun untuk menjalani prosedur registrasi ulang, pemeriksaan kesehatan hingga vaksinasi selesai,” kata Cahya, Rabu (14/4).

Untuk menghormati inisiatif warga dalam melestarikan budaya gotong royong dan membantu lansia, RSUD Sleman telah menyiapkan jadwal khusus vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Yang dikoordinasikan langsung oleh komunitas kolektif itu sendiri.

“Dengan adanya penjadwalan vaksinasi khusus ini diharapkan seluruh lansia dapat mengikuti vaksinasi dan lebih nyaman melakukan vaksinasi bersama sesama warga. Hubungi RS PKRS Sleman untuk jadwal vaksinasi khusus,” kata Cahya.

Dengan vaksinasi bersama yang dikoordinasikan secara mandiri oleh warga, semua lansia di Dusun Jabung yang memenuhi syarat bisa mendapatkan vaksinasi. Prosedur vaksinasi menjadi lebih lancar berkat adanya tim pendampingan masyarakat yang membantu para lansia.

“Lansia juga lebih nyaman menjalani vaksinasi karena didampingi oleh orang-orang terdekat dalam kesehariannya,” kata Cahya.

Baca:  Bekerjasama dengan UMKM, Sleman Operasikan Pasar Lebaran