Di babak pertama, Barcelona menang 3-1 atas Napoli

Bintang Barcelona Lionel Messi.

Tim tuan rumah berhasil membukukan kemenangan 3-1 atas tim tamu mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA – Sebanyak empat gol tercipta di paruh pertama Liga Champions dalam 16 pertandingan terakhir, tepat saat Napoli bertandang ke markas Barcelona, ​​Minggu (9/8) WIB pagi. Tim tuan rumah berhasil membukukan kemenangan 3-1 atas tim tamu mereka.

Peluang pertama dalam laga yang dihelat di Stadion Camp Nou itu sebenarnya tersedia bagi pengunjung. Mendapat umpan terobosan di kotak penalti Barca, Driers Merten memulai. Sayang, bola hasil tembakan striker Belgia itu hanya membentur tiang.

Barcelona akhirnya mampu mencetak gol pertama pertandingan tersebut, tepatnya pada menit ke-11. Adalah bek tengah asal Prancis, Clement Lenglet yang berhasil mendapatkan bola dari sepak pojok yang disempurnakan Ivan Rakitic. Sundulan keras Lenglet dari dalam kotak penalti tak mampu dihalau Ospina.

Sejumlah pemain Napoli memprotes gol tersebut karena Lenglet terlihat menekan salah satu pemain Napoli sebelum akhirnya mencetak gol. Namun, setelah berkomunikasi dengan pegawai Video Assistant Referre (VAR), wasit tetap mengonfirmasi gol Barcelona.

Pada menit ke-24, Lionel Messi akhirnya menunjukkan keajaibannya. Mendorong dari sisi kiri pertahanan Napoli, peraih enam gelar Ballon d'Or mencoba melewati ketiga pemain I Partenepoi tersebut. Messi pun terjatuh, namun masih bisa bangkit, dan langsung melepaskan tembakan ke kanan gawang Napoli.

Bola hasil tendangan Messi tidak bisa dijangkau oleh Ospina dan mendarat mulus ke gawang tim tamu. Blaugerana juga pindah dari Napoli untuk mengejar Napoli, dengan agregat 3-1. Dengan keunggulan dua gol dan agregat 3-1, Barcelona tampil lebih nyaman. Padahal, pada menit ke-30, tim tuan rumah kembali mencetak gol.

Messi yang menerima umpan dari Frenkie de Jong berhasil menahan bola dengan dadanya tepat di depan gawang Napoli. Dengan mudah, Messi mengangkat bola dan mengoper serangan Ospina. Namun, gol tersebut dibatalkan wasit karena dinilai Messi telah memainkan handball saat menerima bola dari De Jong.

Baca:  Matuidi tidak sabar untuk bermain rumput bersama Inter Miami

Meski demikian, Barcelona masih mampu menambah skor. Striker Uruguay Luis Suarez berhasil mencetak gol penalti pada menit ke-45. Blaugrana mendapat penalti setelah bek tengah Napoli Kalidou Koulibaly melakukan pelanggaran terhadap Messi.

Upaya Napoli mengoyak gawang Barcelona akhirnya membuahkan hasil. Pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Mertens pada saat cedera membuat wasit langsung turun ke lokasi. Lorenzo Insigne yang ditunjuk sebagai penembak penalti mampu melakukan tugasnya dengan baik. Gol itu juga menandai akhir babak pertama.

Komposisi Pemain:

Barcelona (4-3-3)
Pelatih: Qique Setien
Kiper: Ter Stegen;
Belakang: Semedo, Pique, Lenglet, Jordi Alba;
Tengah: Sergi Roberto, Rakitic, De Jong;
Penyerang: Messi, Suarez, Griezmann

Napoli (4-3-3)
Pelatih: Gennaro Gattuso
Kiper: Ospina;
Belakang: Di Lorenzo, Manolas, Koulibaly, Mario Rui;
Tengah: Fabian Ruiz, Demme, Zielinski;
Maju: Callejon, Mertens, Insigne