Desa Merdeka di Jawa Barat Lampaui Target

Desa mandiri (Ilustrasi)

Dari 5.312 desa di Jawa Barat, 270 di antaranya adalah Desa Merdeka.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Dari 5.312 desa di Jawa Barat, 270 di antaranya adalah Desa Merdeka. Jumlah tersebut melebihi target dalam RPJMD 2020 yang hanya 98 desa.

Menurut Ketua Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Barat (DPM-Desa), Bambang Tirtoyuliono, pencapaian penting ini tidak terlepas dari peran Desa Patriot.

“Jumlah yang kami kirim pada 2019 ini sebanyak 110 Desa Patriot yang kami taruh di 50 desa di 10 kecamatan,” kata Bambang, Selasa (18/8).

Menurutnya, keberadaan Desa Patriot secara signifikan meningkatkan potensi desa, baik secara ekonomi maupun sosial. Tak hanya itu, Patriot Desa juga bersinergi dengan aparat kecamatan serta masyarakat.

Dengan begitu, kata dia, akan turut andil jika terjadi tragedi konflik di salah satu desa untuk meminimalisir masalah yang muncul.

"Mereka juga dilibatkan dalam memberikan edukasi dan sosialisasi penanganan Covid-19," ujarnya.

Merenungkan keberhasilan tersebut, kata Bambang, pihaknya akan kembali melakukan pemilihan umum bagi masyarakat Jawa Barat yang ingin menjadi Patriot Desa. Nantinya, mereka akan ditugaskan ke sejumlah desa untuk menggali potensinya.

“Pada 2020, kami akan menghadirkan 330 Patriot pedesaan lagi,” katanya.

Secara tipologis, kata dia, terdapat tujuh karakteristik desa di Jawa Barat, yakni desa wisata, desa pertanian, kehutanan, desa pesisir, desa nelayan tangkap, dan perikanan darat. Selain itu, terdapat pula desa jasa dan industri yang potensinya harus terus ditingkatkan.

Apalagi, kata dia, dibandingkan di perkotaan, jumlah penduduk di desa juga cukup dominan. “Dari hampir 50 juta orang di Jabar, sekitar 35 juta diantaranya ada di desa,” ujarnya.

Bambang menuturkan, selain Desa Patriot, ada 248 Tenaga Pendamping Desa (PLD) di Jawa Barat yang juga berperan dalam pengisian Indeks Indeks Bangunan Bangunan (IDM).

Baca:  Hadapi Pandemi dan Bencana, Sukabumi Salurkan Bantuan Pangan

"Tidak ada lagi desa tertinggal di Jabar. Desa yang kurang beruntung hanya ada 121 desa dari 5.312 desa di Jabar," ujarnya.

sumber: Antara