BUMDes Mulyo Barokah Muba Mampu Menambah Pendapatan Rp 15 Miliar

Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA meresmikan gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulyo Barokah dan Masjid Alfalah di Mulyo Asih Kecamatan Keluang, pada Selasa (17/11).

BUMDes Mulyo Barokah merupakan jenis usaha yang dikelola sesuai dengan potensi yang ada

REPUBLIKA.CO.ID, SEKAYU – Untuk lebih meningkatkan kegiatan usaha di tingkat desa, Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA meresmikan gedung Desa Milik Badan Usaha (BUMDes) Mulyo Barokah dan Masjid Alfalah di Mulyo Asih, Kabupaten Keluang, pada Selasa (17/11).

BUMDes Mulyo Barokah merupakan jenis usaha yang dikelola sesuai dengan potensinya yaitu pemasok Tanda-tanda buah kelapa sawit (TBS), khususnya perkebunan kelapa sawit milik masyarakat Mulyo Asih dan masyarakat lainnya di wilayah Kabupaten Keluang. Menurut laporan Kepala Keluang Keluang, Debby Heryanto SSTP MSi, BUMDes Mulyo Asih juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan di Kabupaten Muba.

Dia bercerita, modal awal BUMDes tahun 2016 berasal dari ADDK sebesar Rp5 juta DD tahun 2017 sebesar Rp3.681.000, DD tahun 2018 Rp125.130.000, dan DD tahun 2019 Rp200 juta.

Pertama kami ucapkan terimakasih kepada Bupati, Dr. H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA beserta jajarannya yang telah hadir di kelurahan tercinta ini. Pada kesempatan kali ini perlu kami sampaikan kepada Bupati, bahwa saat ini “Barokah. Sekitar 15 miliar sebulan. Tentunya dengan adanya BUMdes Mulyo Barokah banyak manfaatnya bagi warga desa Mulyo Asih terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Debby juga menyampaikan bahwa keberhasilan yang diraih BUMDes Mulyo Barokah tidak terlepas dari peran pemerintah khususnya pemerintah desa dimana para kepala desa dan lembaga desa lainnya serta tokoh masyarakat.

Ia menegaskan, rekrutmen manajemen BUMDes Mulyo Barokah Pemerintah Desa Mulyo Asih mengajukan rekrutmen pemuda lokal dari Desa Mulyo Asih. Rata-rata pengurus BUMDes Mulyo Barokah berusia 29 tahun, sedangkan direktur BUMdes berusia 26 tahun, Sally Siswanto SE.

Baca:  Inovasi Samsat di Setempoh Belitung menarik perhatian

“Ini harus menjadi kebanggaan warga Desa Mulyo Asih dan secara umum kita semua, karena masa depan negara ditentukan oleh generasi muda,” ujarnya.

Sementara Bupati Dr. H Dodi Reza, Alex Noerdin Lic Econ, MBA dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif masyarakat khususnya para pemuda desa Mulyo Asih. Ia berharap BUMDes Mulyo Barokah Desa Mulyo Asih di Kabupaten Keluang bisa menjadi salah satu contoh BUMDes terbaik di Indonesia.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan selamat peresmian gedung BUMdes ini. Kedepannya kami berharap BUMDes Mulyo Barokah tidak hanya menjadi pemasok TBS saja, tetapi juga salah satu pemilik pabrik kelapa sawit BUMDes. Pertama di Indonesia, BUMDes memiliki pabrik kelapa sawit, katanya, Dodi Reza. .

Dalam kesempatan tersebut Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan sangat mendukung pembangunan Masjid Al-Fallah dari masyarakat, untuk tahun depan Pemerintah Kabupaten Muba akan membangun pagar Masjid Al-Falah. Ia pun berharap agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dan ketertiban di lingkungan masjid demi kelancaran ibadah di masjid.

Terakhir, Bupati Dodi Reza Alex Noerdin juga mengapresiasi komitmen warga Kecamatan Keluang yang menyatakan harus berhenti BAB sembarangan demi mendukung Kabupaten Muba. Seperti diketahui, Kabupaten Keluang menggunakan nol persen bong di sungai. Terus menjaga dan meningkatkan harapan, mewujudkan sanitasi total, pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Keluang.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kapolres Muba AKBP Erlin TangJaya SIK, Dandim 0401 Letkol ARH Faris Kurniawan, Wakil Guru Muba Abunawas, Sekretaris Muba Drs H Apriyadi bersama Kepala Perangkat Daerah Terkait, dan Staf Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Reza Zaini.