Bekerjasama dengan UMKM, Sleman Operasikan Pasar Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar Pasar Lebaran dengan tema Ikut Bersama Produk UMKM Sleman. Kegiatan ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menjaga keberlangsungan UMKM selama Ramadhan 1442 Hijriah.

Pasar Lebaran akan digelar selama empat hari mulai 29 April hingga 2 Mei 2021 di Balaikota Sleman. Bupati Sleman Kustini Purnomo mengatakan, agenda tersebut diajukan untuk menjaga kelangsungan usaha akibat wabah yang berkepanjangan.

Kemudian meningkatkan penjualan produk serta metode pembinaan dan pembinaan bagi pelaku UMKM. Kustini berharap kegiatan ini dapat membantu UMKM dalam memasarkan produknya karena pada saat wabah mayoritas mengalami penurunan.

“Sekaligus menyediakan kebutuhan masyarakat untuk Idul Fitri khususnya masyarakat Sleman dan pengunjung Balaikota Sleman dengan harga yang terjangkau,” kata Kustini, Kamis (29/4).

Salah satu upaya yang dilakukan pada masa pandemi adalah dengan meningkatkan promosi baik offline maupun online. Apalagi dengan perjumpaan manusia yang terbatas harus didukung melalui promosi digital.

“Pemkab Sleman telah menjalin kerja sama dalam digital marketing dengan start-up seperti Gojek dan Grab. Harapannya, tentunya akan mendorong kemudahan bagi konsumen untuk membeli produk Sleman,” kata Kustini.

Pameran tersebut telah memenuhi protokol kesehatan dan telah mengikuti rekomendasi dari Satgas Covid Kabupaten Sleman. Dilakukan secara terbuka dan diseleksi untuk dilaksanakan di mall-mall dengan fasilitas yang memadai.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sleman, Pustopo mengatakan, Pasar Lebaran 2021 diikuti 141 UMKM. Mulai dari UMKM, sandang, kerajinan, flora, dan diisi dengan kelas perawatan anggrek, ceramah, lomba, live music dan sembako murah.

“Pelaku Pasar Lebaran merupakan pelaku UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Sleman yang tergabung dalam forum komunikasi, UMKM 17 Kapanewon se-Sleman, HIPPI dan komunitas artis Sleman dengan total gerai 100,” kata Pustopo.

Baca:  Dusun Jabung Sleman Ikut Vaksinasi Lansia Bersama