Beauty Vlogger ini adalah Bisnis Sukses dengan Modal Nol Rupiah

Septrina Rams Chhetri, seorang beauty vlogger asal Bandung.

Dalam menjalankan bisnis selalu ada pesaing, namun selalu memberikan fitur-fitur terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, Nama Septrina Rams Chhetri, a Vlogger kecantikan dari Bandung yang semakin terkenal di dunia kecantikan. Apalagi, selebgram ini kini memiliki empat merek di bidang fashion dan perawatan kulit. Diantara mereka, vlinderr, jarkeen, dan di atas.

Septrina mengatakan, untuk mencapai titik ini, ia harus melalui proses yang sangat panjang untuk bisa sukses seperti sekarang. "Alhamdulillah, sekarang kami punya 4 lantai. Saya bisa berkembang sampai sekarang karena ada tim yang kuat dan saya bisa membuka toko besar," kata Septrina kepada wartawan belum lama ini.

Septrina pun bersyukur, dengan hasil kerja kerasnya saat ini. Berbagai keinginan di masa lalu, sedikit demi sedikit menjadi kenyataan. Faktanya, dia bisa menjadi jauh lebih baik dari apa yang dia ingin lakukan.

“Saya bikin produk make up dan skin care. Awalnya bisa nihil rupiah. Saya buat Jarkeen bukan pakai modal karena sistemnya PO. Tunggu seminggu, tapi lumayan banyak. Bisnis saya mulai tahun 2018,” ujarnya.

Saat ini, ia memiliki tiga perusahaan dan empat merek di sektor fashion dan perawatan kulit. “Nanti akan ada bisnis kuliner, tapi tidak diambil langsung oleh saya,” ucapnya.

Diakui Septrina, selalu ada pesaing, tapi dia selalu memberikan fitur-fitur terbaik. Saat pandemi Covid 19, dia mengakui, usahanya agak terganggu.

"Tapi itu bukan bisnis skin care dan fashion saja. Semua bisnis terpengaruh. Padahal, sekarang sudah mulai berkembang dan titik tolak kami adalah memulainya lagi," ujarnya.

Sebelum merebaknya Covid 19, ia berhasil menjual 10 ribu botol produk kulitnya dengan omzet Rp. 1 miliar. Namun, setelah pandemi Covid 19 terjadi penurunan.

“Penurunan akibat pandemi itu sekitar 20 persen. Karena semua orang berusaha untuk membeli produknya. Tapi, Alhamdulillah Bahkan dengan kondisi seperti ini, tidak ada yang dipecat, ”ucapnya.

Katanya, produk yang paling laris adalah cahaya serum. Produk ini bisa dijual 10 hingga 50 ribu botol.

Septrina juga membagikan tips bagaimana bertahan dalam menjalankan bisnis saat pandemi Covid 19. Pertama, untuk memenangkan persaingan, harus menghasilkan produk yang banyak. Kedua, jaga kualitas dan bahan baku yang baik. Ketiga, anggap seluruh karyawan bawahan sebagai tim dan aset perusahaan.

"Jadi jangan merasa seperti itu pemilik menegakkan karyawan secara sewenang-wenang. Tapi, pertimbangkan semua keluarga dan belajar bersama, ”ujarnya.

Baca:  Perum Perindo membuka peluang bagi pekerja milenial di Subang