Arab Saudi mengimpor 860 ribu ton gandum

Arab Saudi Impor 860 Ribu Ton Gandum. Foto: Makanan berbahan gandum dengan serat tinggi (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Saudi Grain Organization (SAGO) telah menyelesaikan prosedur impor gandum kelima dan terakhir untuk tahun 2020. Gandum diimpor dari negara-negara Laut Hitam, UE, Australia dan Amerika Utara dan Selatan, kecuali Kanada.

860.000 ton tender gandum ini akan sampai ke Pemerintah antara Februari dan Maret 2021. Mereka dikirim melalui pelabuhan yang berbeda, menggunakan 14 kapal.

Dilaporkan pada Berita ArabSelasa (10/11), delapan kapal pengangkut 490.000 ton akan dibongkar di Islamic Port of Jeddah. Enam kapal lainnya yang membawa 370.000 ton gandum akan berlabuh di Pelabuhan King Abdul Aziz di Dammam.

Gubernur SAGO Ahmed bin Abdul Aziz Al-Faris mengatakan masuknya gandum impor akan membantu memenuhi permintaan lokal dan mempertahankan stok strategis.

SAGO adalah salah satu institusi nasional terkemuka di Arab Saudi. Lembaga-lembaga tersebut berperan penting dalam mencapai pembangunan ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan komoditas pangan utama di Arab Saudi.

Organisasi ini didirikan berdasarkan keputusan pemerintah pada Februari 1972. Tanggung jawabnya meliputi mendirikan dan mengoperasikan pabrik tepung, memantau produksi tepung, dan pabrik pakan ternak.

SAGO juga bertujuan untuk memasarkan produk organisasi di Pemerintah, serta membeli biji-bijian dan mempertahankan rekomendasi yang sesuai jika terjadi keadaan darurat.

Baca:  Masjid Oman Dibuka | IHRAM