ACT Lake bertujuan untuk mendistribusikan ribuan paket air minum dan beras

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA – Organisasi filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya berupaya untuk meningkatkan gerakan bakti pangan. Diharapkan melalui gerakan ini, ribuan paket sembako bisa didistribusikan kepada masyarakat.

Menurut Tim Program ACT Tasikmalaya M Fauzi Ridwan, gerakan bakti pangan nasional akan menyasar keluarga kurang mampu, warga di pesantren, serta masjid. Ia mengatakan, target bantuan yang diberikan sekitar 16.800 paket air mineral dan ribuan paket beras.

Sedekah makanan rencananya akan dibagikan hingga bulan Ramadhan. "Insya'Allah“Manfaat dari gerakan sedekah pangan ini akan menyasar segmen seperti masjid, pesantren, dan keluarga kurang mampu hingga Ramadhan, dengan menargetkan ribuan air minum dan membagikan nasi bungkus,” ujarnya.

Gerakan yang digagas ACT mengajak masyarakat untuk peduli dan berpartisipasi dalam upaya mewujudkan perdamaian dan kedaulatan pangan. Untuk menyukseskan gerakan bakti pangan, menurut Ketua ACT Cabang Tasikmalaya, Taufik Perdana, kerjasama dengan banyak pihak sangat dibutuhkan.

Untuk membangun kerjasama ini, ACT Tasikmalaya menjalin relasi dengan banyak pihak terkait. "Alhamdulillah, kami sudah menghubungi Dinas Sosial Kota Tasikmalaya dan Kodim 0612 / Tasikmalaya, serta instansi terdekat lainnya. Harapannya bisa meningkatkan sinergi dengan instansi terkait dalam mengatasi masalah sosial dan kemanusiaan, khususnya masalah pangan, ”ujarnya, dalam keterangan resminya, Jumat (12/3).

Kepala Kodim 0612 / Tasikmalaya Mayor Inf Candra Suhendra menyatakan dukungannya terhadap gerakan bakti pangan ini. Ia berharap gerakan itu bisa berkembang lebih jauh. “Kodim dan ACT sudah lama bekerja sama terutama dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Semoga gerakan yang baik ini terus berkembang,” ujarnya.