70 Persen Orang Memakai Masker, Pandemi Bisa Dikendalikan

Pengendara motor melintas di dekat baliho sosialisasi pakai masker.

Syaratnya, masker harus dipakai dengan baik dan konsisten di depan umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masih banyak masyarakat yang menolak memakai masker atau tidak memakai masker dengan benar saat pandemi Covid-19. Padahal, pandemi Covid-19 bisa dikendalikan jika 70 persen masyarakat ingin menggunakan masker secara konsisten.

Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal tersebut Fisika Fluida. Penelitian ini membahas tentang penggunaan masker serta laporan epidemiologi tentang pengaruh penggunaan masker terhadap penyebaran Covid-19.

Hasilnya menunjukkan bahwa masker bergizi tinggi, seperti masker bedah, dapat membantu memberantas pandemi. Syaratnya, masker harus dipakai dengan baik dan konsisten oleh sedikitnya 70 persen masyarakat saat berada di ruang publik.

"Bahkan masker kain dengan efisiensi yang lebih rendah dapat memperlambat penyebaran jika digunakan secara konsisten," kata peneliti Sanjay Kumar dari National University of Singapore, seperti dilaporkan. Times Now News.

Menggunakan masker dapat membantu mencegah penyebarannya menitik yang keluar saat seseorang berbicara, bernyanyi, bersin, batuk, dan bahkan bernapas. Ukuran menitik yang paling sering dihilangkan adalah 5-10 mikron.

Sebagai perbandingan, rambut manusia berdiameter 70 mikron. Kata tim peneliti menitik berukuran di bawah 5 mikron berpotensi lebih berbahaya.

Saat ini terdapat tiga jenis masker yang paling umum digunakan, yaitu masker kain, masker bedah, dan masker N95. Hanya topeng N95 yang memiliki kemampuan untuk menyaring menitik seukuran aerosol.

Meski begitu, penggunaan masker bedah atau masker kain yang konsisten oleh masyarakat sudah cukup membantu mengurangi penyebaran Covid-19. Menurut penelitian, masker yang terbuat dari bahan polimer hibrid juga dapat menyaring partikel menitik dengan efisiensi tinggi. Selain itu, masker yang terbuat dari bahan ini juga dapat mendinginkan wajah karena serat pada bahan yang digunakan memungkinkan panas keluar.

Baca:  Penyebab Penurunan Berat Badan Bahkan Saat Diet