5 Kelemahan Menempati Waktu Sholat Jemaat di Masjid

Datang terlambat sholat di masjid menyebabkan kerugian bagi seorang Musliim. Ilustrasi sholat jamaah

Datang terlambat untuk sholat di masjid menyebabkan kerugian bagi seorang Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa jamaah mungkin masih memiliki kebiasaan datang terlambat saat akan salat berjamaah di masjid, hingga menjadi imam masbuk. Kebiasaan datang terlambat ini memiliki banyak kekurangan.

Dikutip dari halaman Islamweb, Setidaknya ada lima kelemahan jamaah yang datang terlambat shalat berjamaah, yaitu:

Pertama, terburu-buru. Orang yang sering terlambat ke masjid tidak akan menemukan kedamaian. Saat shalat, mereka lelah dan ini akan mempengaruhi fokus mereka dalam beribadah.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

سمعتم الإقامة فامشوا إلى الصلاة وعليكم السكينة والوقار ، ولا تسرعوا ، فما أدركتم فصلوا فاتكم فاتكم “Ketika mendengar iqamah, maka berjalanlah menuju tempat shalat, dan injak kaki dengan tenang dan anggun, dan jangan melangkah cepat. Oleh karena itu, apapun bagian dari shalat yang Anda temukan, lakukan dan apa yang Anda lewatkan, maka jadikanlah itu sempurna. . "

Kedua, tidak mendapatkan doa pengampunan dari para malaikat. Jemaah yang datang terlambat ke masjid tidak akan menerima doa pengampunan dari para bidadari. Abu Hurairah radhiallahu anhu bersabda bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه, عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "صلاة الجميع تزيد على صلاته في بيته, وصلاته في سوقه, خمسا وعشرين درجة, فإن أحدكم إذا توضأ فأحسن, وأتى المسجد, لا الارد رفعه الله بها درجة, وحط عنه خطيئة ، حتى يدخل المسجد ، وإذا دخل المسجد ، كان في صلاة ما كانت تحبسه ، وتصل عليه الملائكة ، ما ديامل في المجل

"Sholat jamaah lebih dari sholat orang-orang di rumahnya, dan sholat di pasar, dua puluh lima derajat. Padahal, jika salah satu dari kalian berwudhu dengan benar lalu datang ke masjid hanya karena dia mau. Dia tidak mengambil satu langkah pun, tetapi Allah mengangkatnya satu derajat dan menghapus satu pelanggaran darinya sampai dia masuk masjid, ketika dia masuk masjid, dia (dinilai dan diberi pahala) ada dalam sholat selama dia masih hidup karena itu dan para malaikat meminta ampun ketika dia berada di tempatnya di mana dia berdoa di dalamnya dan malaikat itu berkata, 'Ya Allah, ampuni dia, dan kasihanilah dia, selama dia belum berhasil.' (HR. Al-Bukhari).

Baca:  Amalan Gratis Ini Diapresiasi Rumah Allah SWT di Surga