3 Alasan Mengapa Allah SWT Mengutus Muhammad SAW Yang Tidak Bisa Membaca

Raja Persia berkirim surat ke Nabi Muhammad SAW menuruuh tobat Rasulullah SAW (ilustrasi)

Allah SWT mengutus Muhammad SAW yang tidak bisa membaca dan menulis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Rasulullah tidak bisa membaca dan menulis. Oleh karena itu Nabi dipanggil ummy. Menariknya, wahyu yang pertama kali diturunkan kepada Nabi adalah perintah untuk dibaca seperti yang terdapat dalam surat al-Alaq.

Mungkinkah Nabi disuruh membaca, padahal Nabi tidak bisa membaca? Lantas, bagaimana Rasulullah membaca?

اقرأ باسم ربك الذي خلق (1) خلق الإنسان من علق (2) اقرأ وربك الأكرم (3) الذي علم بالقلم (4) علم الإنسان ما لم يعلم 5

“Bacalah dengan (menyebutkan) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu Maha Pemurah. Mereka yang mengajar (manusia) melalui qolam (pena). Dia mengajari manusia apa yang tidak dia lakukan tahu. "(QS Al & # 39; Alaq: 1-5).

Habib Muhammad al-Habsyi menjelaskan bahwa kata iqra memang memiliki arti yang bermacam-macam. Dalam interpretasi Adhwaul Bayan Karya al-Shanqiti menjelaskan mengapa Nabi Muhammad disuruh mengaji atau iqra.

Sedangkan Nabi dikenal ummy atau tidak diketahui tidak pernah membaca dan tidak pernah menulis. Habib Muhammad mengatakan, iqra atau qiraah memiliki arti yang lebih umum daripada membaca.

Habib Muhammad berkata bahwa Nabi Muhammad diperintahkan iqra yang berarti bahwa Nabi Muhammad diperintahkan untuk membaca apa yang Malaikat Jibril akan katakan atau maksudkan udzkur atau ucapkan nama Allah.

"Intinya dengan kata-kata iqra Artinya, sejak awal Alquran dengan kata iqra, ini menunjukkan bahwa agama ini memiliki landasan ilmiah. Bahkan sedekah harus dilandasi ilmu, ”ujarnya.

Pada ayat pertama surat al-Alaq, menurut Habib Muhammad, semuanya mengandung arti ilmu. Jadi dia menilai, iqra tidak perlu membaca tulisan.

Apalagi dalam keterangan Imam Al-Mawardi dijelaskan bahwa Nabi Muhammad Ummy bukannya kurang tapi pujian. “Bayangkan ada orang asing yang membaca atau menulis, tapi dia bisa tahu bahwa sampai sekarang ilmu itu sudah diambil. tidak Sudah berakhir, "katanya.

Ada tiga alasan mengapa Tuhan mengutus Nabi ummy. Menurut Habib Muhammad alasannya karena nabi-nabi sebelumnya mengabarkan bahwa nabi terakhir adalah nabi ummy.

Selain itu, agar Nabi mirip dengan orang-orang yang diisukan dan mengingkari orang-orang yang melontarkan tudingan bahwa Alquran adalah karya Nabi Muhammad.

Baca:  Raja Persia ini mengirimkan surat kepada Nabi Muhammad untuk meminta taubat