2 Puteri Rasulullah SAW yang pernah menjadi menantu Abu Lahab

Pernikahan kedua putri Rasulullah SAW dengan anak Abu Lahab kandas Rasulullah SAW (ilustrasi)

Pernikahan kedua putri Nabi Muhammad dengan putra Abu Lahab berlangsung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dua putri Nabi Muhammad SAW, Sayyidah Umm Kulthum dan Sayyidah Ruqayah telah menikahi dua putri Abu Lahab.

Namun, cara licik Abu Lahab akhirnya mengakhiri pernikahan keduanya.

Putri ketiga Rasulullah SAW dari Sayyidah Khadijah bernama Sayyidah Umm Kultsum. Putri Rasulullah SAW juga seorang tokoh besar yang dikenal dalam Islam.

Imad Al-Hilali dalam bukunya Ensiklopedia Wanita Al-Quran menjelaskan, Umm Kulthum lahir di Mekah sebelum Muhammad SAW diutus.

Di era Jahiliyah, Umm Kulthum menikah dengan Utaibah bin Abi Lahab bin Abdul Muthalib. Sedangkan adiknya menikah dengan kakak suaminya, Utbah.

Ketika Nabi Muhammad SAW diutus dan mulai berdakwah, Allah mengirimkan wahyu tentang Abu Lahab yang tak lain adalah Umm Kulthum dan ayah mertua Ruqayah.

Wahyu seperti yang ditemukan dalam surah Al-Lahab ayat 1-5.

Setelah mengetahui wahyu tersebut, Abu Lahab memerintahkan kedua putranya, Utaibah dan Utbah, untuk menceraikan kedua putri Nabi. Abu Lahab berkata:

رأسي من رأسيكما حرام إن لم تفارقا ابنتي محمد ، ففارقاهما "Kepalaku dari kepalamu dilarang jika kau tidak menceraikan putri Muhammad."

Maka atas desakan ayah mereka, Utbah dan Utaibah menceraikan kedua putri Nabi SAW.

Umm Kulthum dan Ruqayah kembali ke pangkuan Nabi dan kemudian pindah ke Madinah bersama keluarga lainnya.

Sepeninggal Ruqayah, Ummu Kulthum menikah dengan Sayyidina Usman bin Affan dan pernikahannya dilangsungkan di Rabbiul Awal pada tahun ketiga Hijriah.

Baca:  3 Alasan Mengapa Allah SWT Mengutus Muhammad SAW Yang Tidak Bisa Membaca