14 Ribu Peserta Meriahkan Piala Menpora Esports 2020

Giring Ganesha.

Piala Menpora Esports 2020 berlangsung dari Agustus hingga Oktober.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lebih dari 14.000 peserta mengikuti turnamen esports nasional yang diperuntukkan bagi pelajar SD, SMP, dan SMA bertajuk Cup Menpora Esports 2020. Turnamen ini akan berlangsung mulai Agustus hingga Oktober.

“Sampai saat ini jumlah peserta 14.410. Tim terbanyak berasal dari Jawa Barat, disusul Jawa Timur dan DKI Jakarta. Mahasiswa terbanyak berasal dari UGM (Universiti Gadjah Mada) dengan tujuh tim,” ujar Giring Ganesha 2020. dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin (17/8).

Selain UGM, perguruan tinggi peserta lainnya antara lain Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI) Universitas Riau (UNRI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Politeknik Negeri Lhowseumawe, Universitas Halu Oleo, Universitas Udayana, Universitas Sriwijaya, hingga Universiti Nusa Nipa Maumere, NTT.

Giring menuturkan, animo peserta turnamen ini cukup tinggi. Terbukti, sejak pendaftaran dibuka pada 1 Agustus lalu, hanya butuh waktu kurang dari seminggu untuk memenuhi target kuota 2.048 tim.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi upaya panitia menggelar kegiatan ini ketika seluruh kejuaraan olahraga harus dihentikan akibat wabah Covid-19.

Ia berharap, Menpora Esports 2020 Cup tidak hanya menjadi ajang kompetisi bagi para atlet muda, tetapi juga menjadi wadah untuk mempersiapkan para atlet profesional dan atlet cadangan yang dapat mewakili Indonesia untuk berlaga di kejuaraan esports internasional.

“Kita harus mempersiapkan atlet kita secara bertahap agar latihan tidak terganggu. Jadi kalau kita punya tim yang bagus, pasti ada atlet cadangan di bawahnya,” kata Zainudin.

Namun, ia meminta kepada seluruh peserta agar tidak hanya berlatih dalam hal mengasah dan konsentrasi, tetapi juga menjaga kebugaran jasmani dengan rajin berolahraga.

Baca:  Mengalami kecelakaan, Aleix meminta maaf kepada Tim dan Morbidelli

Pada babak kualifikasi terdaftar 2.048 tim esports yang kemudian akan dibagi menjadi empat grup yang terdiri dari 512 tim per grup. Pemain akan bertanding 5 vs 5 untuk maju ke babak berikutnya. Delapan tim terbaik dari empat grup akan bertemu di Grand Final pada 3-4 Oktober.

sumber: Antara